Langsung ke konten utama

Sejarah, Kegiatan Usaha, dan Struktur Organisasi PT Multipolar Technology

Assalamualaikum Wr.Wb

Puji syukur kehadiran Allah SWT karena telah memberikan kesehatan dan segala rahmat untuk kita semua. Mari kita sampaikan sholawat serta salam kepada junjungan nabi besar Muhammad SAW beserta sahabatnya.

Terimakasih juga kepada orangtua, serta guru yang telah membimbing saya.
Dan tidak lupa juga terimakasih kepada teman-teman saya yang telah membantu saya dalam pengerjaan tugas kuliah ini.

Hallo Readers! Perkenalkan nama saya Widi Alfrida Pramesti, Saya Mahasiswa Universitas Gunadarma dan berada di program studi Manajemen Informatika.
Kehadiran saya yang pertama kali ini dalam sebuah blog ingin menyelesaikan tugas kuliah serta menambah wawasan kita semua dengan memberikan gambaran sedikit mengenai beberapa hal tentang PT Multipolar Technology Tbk., diantaranya :
1.         Sejarah perusahaan
2.         Kegiatan usaha perusahaan
3.         Struktur Organisasi Perusahaan, beserta uraian singkat masing-masing jabatan
4.     Penjelasan Mengenai Tingkatan Manajer

A.     Profile PT Multipolar Technology


Berdiri pada tahun 1975, PT Multipolar Technology Tbk (MLPT) adalah System Integrator terkemuka di Indonesia, dan merupakan salah satu perusahaan pertama yang memperoleh sertifikasi ISO 9001. Tanggal 8 Juli 2013 merupakan momen bersejarah dalam rekam jejak PT Multipolar Technology Tbk, yang resmi tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham MLPT, dan terdaftar sebagai sekuritas syariah. Pemegang saham mayoritas Multipolar Technology adalah PT Multipolar Tbk (MLPL), perusahaan induk terkemuka yang berfokus di segmen ritel dan TMT (Teknologi, Multimedia dan Telekomunikasi) dengan 80% kepemilikan saham; dan sisanya 20% dimiliki oleh publik.

Dengan pengalaman yang luas di bidang Sistem Integrasi untuk Perangkat keras dan layanan integrasinya, Sistem aplikasi dan layanan implementasinya, serta Layanan IT Consulting, Multipolar Technology bersama anak usahanya secara berkesinambungan memberikan layanan menyeluruh dan optimal  bagi bisnis customer : PT VisioNet Data Internasional (VDI) dengan fokus pada Business Process Managed Services, dan PT Graha Teknologi Nusantara (GTN) yang berfokus pada Layanan Pengelolaan dan Pengoperasian Data Center.

Multipolar Technology adalah mitra terpercaya dari penyedia TI terkemuka di dunia seperti IBM, Cisco, NCR, VMware, Oracle, and Microsoft. Profesionalisme kami telah diakui dengan level kemitraan seperti IBM Premier Partner, Cisco Gold Partner, dan VMware Premier Partner. Multipolar Technology juga telah disertifikasi dengan sertifikasi Specialty dari IBM, dan sertifikasi Authorized Technology Provider (ATP) dari Cisco, yang membuktikan kapabilitas dan fokus Multipolar Technology dalam mengembangkan kompetensi teknisnya.

Dikarenakan kebutuhan akan layanan di bidang teknologi sangat dibutuhkan, serta teknologi yang semakin hari semakin berkembang dengan pesat, PT Multipolar Technology memberikan pelayanan terbaik secara menyeluruh di bidang teknologi informasi meliputi Perangkat Keras dan Layanan Integrasinya, Sistem Aplikasi dan Layanan Implementasinya, IT Consulting Services, dan Business Process Managed Services.
PT Multipolar Technology telah mengembangkan kompetensi dalam empat area utama, yaitu:
·            Perangkat Keras dan Layanan Integrasinya
Menyediakan dan melakukan pengaturan perangkat keras TI dan perangkat jaringan bagi bisnis Anda; memastikan peralihan yang mulus termasuk pengintegrasian dengan infrastruktur yang sudah ada. Dalam hal ini meliputi infrastruktur jaringan, serverenterprisetermasuk midrange dan mainframe, storage enterprise, dan solusiself-service/layanan mandiri.

·            Sistem Aplikasi dan Layanan Implementasinya

Kami memiliki kerangka solusi yang terintegrasi dengan baik dan layanan implementasinya guna mendukung bisnis Anda; antara lain Solusi Perbankan, Solusi High Availability, Solusi Information Management, Business Analytics, Solusi Enterprise Business,Service-Oriented Architecture (SOA), Solusi Virtualisasi, dan Sistem Enterprise Project Management (EPM).

·            IT Consulting Services

Tim konsultan TI kami terdiri dari individu-individu berbakat yang sangat menguasai bidangnya, memiliki pengetahuan global yang luas, dan berpengalaman di bidang konsultandengan berdasarkan pada budaya profesionalisme yang tinggi, mengadopsi praktik bisnis terbaik, sikap ‘optimis’, dan terbuka terhadap gagasan baru. Kami akan membantu Anda untuk mengidentifikasi solusi yang paling tepat dalam upaya mencapai tujuan perusahaan Anda. Layanan ini dikategorikan kedalam tiga area, yaituIT Strategy/IT Planning Consulting Services, IT Project Management Consulting Services, dan IT Operations Consulting Services.

·            Business Process Managed Services

Layanan ini disediakan oleh anak usaha kami, VDI, yang memiliki cakupan layanan berskala nasional dengan lebih dari 125 titik layanan. Kami menawarkan solusi alternatif berbasis TI yang ekonomis untuk area Field Operation Managed Services, Branch IT Services, Merchant IT Services, IT Operation Managed Services, IT Application Managed Services, Contact Center Services, dan Mobile & Payment Services.
                                                                                                          

B.   Struktur Organisasi PT. Multipolar Technology



A.    Dewan Komisaris (Top Manager)

1.   Presiden Komisaris
Presiden komisaris adalah pemimpin dari dewan komisaris. Di tentukan melalui Rapat Umum Pemegang Saham, pemimpin Dewan Komisaris ini mengawasi kegiatan yang dilakukan oleh anggota komisaris. Tujuan diadakan dua kepemimpinan dalam sebuah perusahaan yaitu Presiden Komisaris dan Presiden Direktur adalah untuk menghindari adanya conflict of interest dan terpusatnya kekuasaan di tangan satu orang.

2.   Komisaris Independen
Komisaris Independen adalah anggota dewan yang bukan merupakan pegawai atau orang yang berurusan langsung dengan organisasi dan tidak mewakili pemegang saham serta komisaris independen tidak mempunyai hubungan afiliasi dengan anggota komisaris, tidak mempunyai hubungan afiliasi dengan presiden direktur, mengerti pasar modal, serta tidak menjabat sebagai direktur di perusahaan yang mempunyai hubungan afiliasi dengan perusahaan yang dimana dirinya sedang menjabat sebagai komisaris independen.
Komisaris independen dipilih oleh dewan komisaris melalui Rapat Umum Pemegang Saham. Tugas dari Komisaris Independen adalah menjadi penengah diantara para anggota Dewan komisaris karna Komisaris Independen bersifat netral dan kehadiran Komisaris Independen dapat mengurangi terjadinya Conflict of interest.

3.   Komisaris
Komisaris (atau komisaris dalam, inside director) adalah seorang komisaris yang juga merupakan seorang pegawai, petugas, pemegang saham utama, atau seseorang yang berhubungan dengan organisasi (perusahaan) tersebut. Komisaris dalam mewakili kepentingan dari para pemegang saham, dan terkadang memiliki pengetahuan yang dalam atas kinerja, keuangan, penguasaan pangsa pasar dari organisasi tersebut.

B.   Presiden Direktur (Top Manager)
Presiden Direktur adalah jenjang tertinggi dalam perusahaan (eksekutif) atau administrator yang diberi tanggung jawab untuk mengatur keseluruhan suatu organisasi.
Tugas dari Presiden Direktur adalah CEO/MD bertugas sebagai seorang komunikator, pengambil keputusan, pemimpin, pengelola (manajer), dan eksekutor. Sebagai pemimpin, CEO/MD memberi saran kepada dewan direktur, memotivasi karyawan, dan menggerakkan perubahan dalam organisasi.

C.   Audit Internal
Audit Internal adalah suatu jabatan yang menantang yang berkontribusi secara langsung pada optimalisasi organisasi. Menggunakan analisis manajemen dengan saksama dan intuitif, serta informasi keuangan, Anda akan bertanggung jawab untuk mengidentifikasikan bagaimana memaksimalkan efektivitas dan meminimalkan risiko.
Pada PT Multipolar Technology, bagian Audit Internal berada di bawah Presiden Direktur langsung, sehingga segala sesuatu yang berhubungan dengan keuangan perusahaan, atau menjadi atasan darii beberapa direktur pada bagian-bagian yang berhubungan dengan perusahaan seperti pengembangan bisnis, manajemen akuntansi, solution and infrastructure Business, consulting and enterprise Business,dan finance and corporate service.

D.   Sekretaris Perusahaan
Corporate secretary adalah seorang sekretaris perusahaan yang bertugas menjembatani dewan direksi dengan para pemegang saham di sebuah perusahaan.
Seorang Corporate Secretary memiliki peranan kunci dalam pelaksanaan Corporate Governance. Seorang corporate secretary paling tidak memiliki 4 peranan, yaitu :
·                 Memberikan masukan dalam pengambilan keputusan yang strategis.
·                 Memberikan masukan dalam management
·                 Memberikan masukan mengenai regulasi bisnis.
·                 Memberikan masukan mengenai etika dalam berbisnis.
Keempat peranan corporate secretary itulah yang nantinya mempengaruhi pertumbuhan sebuah perusahaan. Seorang corporate secretary merupakan bagian dari peran seorang public relation. Mereka tidak hanya harus menjaga reputasi perusahaan juga menjalin hubungan baik dengan para stakeholder. Dibalik semua itu, corporate secretary juga ikut andil dalam pengambilan keputusan yang menyangkut masa depan perusahaan.

E.       Dewan Direksi (Middle Manager)

Dewan Direksi adalah sebutan dari beberapa Direktur dalam sebuah perusahaan. Perusahaan besar biasa membisahkan Direktur berdasarkan masing-masing bidang.

Dalam PT Multipolar Technology Direktur dibagi menjadi :
1.   Director of Accountant  management

Tugas Dari Director of Account Management pada dasarnya adalah memastikan pemberian layanan yang berorientasi kepada peningkatan kepuasan dan loyalitas pelanggan guna mengamankan pendapatan perusahaan yang berasal darinya.

Serta, Director of Account Management harus dapat berperan ganda yaitu harus dapat mewakili perusahaan untuk hal – hal yang berhubungan dengan kepentingan perusahaan seperti proses penagihan, penawaran produk, produk baru dan lain – lain serta harus dapat mewakili account sehubungan dengan pemenuhan kebutuhan dan harapannya.

Direktur Manajemen akuntan pun menjadi pemimpin/controler dari para staf yang bekerja pada bidang yang berkaitan dengan “Manajemen Akuntan”, seperti :

1.   Group Head FSI & Commercial Account (Lower Manager)
Memimpin :
a.    FSI Accounts
b.    Commercial Accounts

2.   Group Head Telco & Enterprise Account (Lower Manager)
Memimpin :
a.    Telco Accounts
b.    Enterprise Accounts
c.    Selected Account

3.   Proposal Manager (Lower Manager)
Memimpin :
a.    Tender Admin

2.   Director of  Solutions and Infrastructure Business
Tugas dari Director of Solutions and Infrastructure Business pada PT Multipolar Technology adalah untuk mengelola pekerjaan Teknologi Informasi (TI) dalam operasional sehari-hari dalam lingkungan perusahaan, serta  memberikan solusi dan konsultansi teknologi untuk mencapai tujuan dan strategi bisnis perusahaan
Direktur Solusi dan Infrastruktur Bisnis pun menjadi pemimpin/controler dari para staf yang bekerja pada bidang yang berkaitan dengan “Solusi dan Infrastruktur Bisnis”, seperti :

1.        Group Head Infrastructure Hardware (Lower Manager)
2.        Banking Solutions
3.        Electronic Channel & Solutions
4.        Solution Specialist

3.   Director of Consulting and Enterprise Business
Tugas dari Director of Consulting and Enterprise Business PT Multipolar Technology  adalah  meliputi pemasaran, sumber daya manusia, manajemen, dan akuntansi, serta membantu mengembangkan perusahaan dengan menilai kekurangan dan merekomendasikan solusi.
Direktur Konsultasi dan Bisnis Perusahaan pun menjadi pemimpin/controler dari para staf yang bekerja pada bidang yang berkaitan dengan “Konsultasi dan Bisnis Perusahaan”, seperti :

1.        Project Management Office (Lower Manager)
2.        IT Management & Midleware Solution
3.        Consulting Services
4.        ERP & HCM
5.        Internal Computing
6.        Pre-sales Relation Management

4.   Director of Finance and Corporate Service
Tugas dari Director of Finance and Corporate Service PT Multipolar Technology adalah fungsi kerja di suatu perusahaan yang bertugas merencanakan, menganggarkan, memeriksa, mengelola, dan menyimpan dana yang dimiliki oleh perusahaan.
Direktur Keuangan dan Servis Perusahaan pun menjadi pemimpin/controler dari para staf yang bekerja pada bidang yang berkaitan dengan “Keuangan dan Servis Perusahaan”, seperti :
1.        Accounting  & Operation Suppport
a.    Accounting  & Tax
b.    Operation Support
2.        Finance & Treasury
3.        Legal Operation

5.   Director of  Business Development

Tugas dari Director of  Business Development mempunyai fungsi melakukan perencanaan strategis perusahaan (pengembangan usaha) dalam jangka panjang dan pendek berdasarkan visi, misi, paradigma dan sasaran serta kebijakan strategis yang telah ditetapkan. Divisi Renbang Bisnis juga melakukan pengembangan konsep bisnis yang sesuai dengan perusahaan, melakukan kajian pengembangan produk-produk baru asuransi sosial (Pensiun, THT dan Program Kesejahteraan Pegawai lainnya) termasuk study kelayakannya.

Penjelasan mengenai Top, Middle, and Lower Management pada struktur PT Multipolar Technology :
1. Top Management (Manajemen Tingkat Atas) bertanggungjawab atas pengaruh yang ditimbulkan dari keputusan-keputusan manajemen keseluruhan dari organisasi. Misal : Direktur, Wakil Direktur, Direktur Utama. Keahlian yang dimiliki para manajer tingkat puncak adalah konseptual, artinya keahlian untuk membuat dan merumuskan konsep untuk dilaksanakan oleh tingkatan manajer dibawahnya.
2. Middle Management (Manajemen Tingkat Menengah) Manajemen menengah harus memiliki keahlian impersonal/manusiawi, artinya keahlian untuk berkomunikasi, bekerjasama dan memotivasi orang lain. Manajer bertanggungjawab melaksanakan rencana dan memasyikan tercapainya suatu tujuan. Misal : Manajer Wilayah, kepala Divisi, Direktur Produk.
3. Lower Management (Manajemen Tingkat Rendah) bertanggung jawab menyelesaikan rencana-rencana yang telah ditetapkan oleh para manajer yang lebih tinggi. Pada tingkatan ini juga memiliki keahlian yaitu keahlian teknis, artinya keahlian yang mencakup prosedur, teknik, pengetahuan dan keahlian dalam bidang khusus. Misal : Supervisor, pengawas produksi, mandor.

    Demikian Penjelasan yang dapat saya sampaikan, senang berbagi ilmu di sela-sela aktifitas dan semoga hal yang saya paparkan disini dapat bermanfaat. Apabila ada kesalahan dalam penyampaian materi, saya mohon maaf, karena saya juga masih belajar hehe
     
     Wassalamualaikum Wr.Wb

     Referensi :

Tugas Komisaris Independen

Pengertian Komisaris

Ketentuan Komisaris Independen

Pengertian Intuitif

Pengertian Direktur Utama

Tugas Corporate Secretary
http://aksewms.ac.id/news_popup.php?id=74

Tugas Director of account management

Tugas Director of Solutions and Infrastructure Business

Tugas Director of consulting and Enterprise Business

Tugas Director of Finance and Corporate Service

Tugas Director of  Business Development

Penjelasan Tingkatan Manajer

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Struktur Organisasi PT Blue Bird

Struktur Organisasi PT Blue Bird Dalam sebuah perusahaan terdapat klasifikasi tingkatan manager, berikut adalah klasifikasi tingkatan manajer dalam PT Blue Bird : 1.       TOP MANAGER Yang termasuk dalam Top Manager dalam PT Blue Bird adalah : Direktur Utama. Tugas dari Direktur utama ini adalah : 1.       Menyusun dan menetapkan rencana perusahaan 2.       Menentukan tujuan perusahaan 3.       Mengatur manajemen yang berada dibawah posisi manajemen puncak 4.       Memanfaatkan sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan 5.       Bertanggungjawab atas semua yang dilakukan oleh manajemen dibawahnya 2.       MIDDLE MANAGER Yang termasuk dalam golongan Middle Manager dalam PT Blue Bird adalah : Direktur Operasional Komersial, DIrektur Keuangan, dan Direktur Operasional Teknis. Tug...

Teori Pengambilan Keputusan dalam Manajemen

PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM MANAJEMEN A.       PENGERTIAN KEPUTUSAN DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN K eputusan  (decision)  merupakan pilihan yang dibuat dari alternatif-alternatif yang ada.  Pengambilan keputusan  (decision making)  adalah proses dalam mengenali masalah-masalah dan peluang-peluang untuk kemudian dipecahkan. Pengambilan keputusan mengharuskan adanya usaha baik sebelum ataupun sesudah dibuatnya pilihan yang nyata. B.        TIPE-TIPE KEPUTUSAN MANAJEMEN 1.          Keputusan yang Terprogram (programmed decision) Keputusan yang terprogram  berada dalam situasi yang telah sering muncul hingga aturan-aturan dalam mengambil keputusan bisa dibuat dan diterapkan. Keputusan yang terprogram dibuat untuk menjawab persoalan-persoalan organisasi yang kerap kali terjadi. 2.          Keputusan T idak T e...