Langsung ke konten utama
Pendapat Pribadi mengenai “Bagaimana keterlibatan bawahan dalam mengambil keputusan”

Bagaimana keterlibatan bawahan dalam pengambilan keputusan dapat di klasifikasikan berdasarkan :

1.        Formal atau Informalnya suatu keputusan di ambil, jika pengambilan keputusan dilakukan secara formal, maka bisa dibentuk kelompok sesuai dengan keahlian per bidang masing-masing. Namun jika secara Informal, maka keputusan akan diambil berdasarkan gagasan-gagasan dalam suatu forum informal.

Contoh :
Jika dalam suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi informasi, dan mempunyai kasus “menaikkan omset perusahaan” maka hal yang akan terlibat dalam membuat suatu keputusan bukan hanya terletak pada manager, tetapi seluruh divisi dari sebuah perusahaan akan ikut terlibat. Maka dalam kasus ini terdapat 2 tipe pengambilan keputusan, baik secara formal atau informal, namun dikarenakan masalah yang timbul adalah masalah yang kompleks yaitu melibatkan seluruh divisi, maka bentuk pengambilan keputusan akan di klasifikasikan menjadi beberapa bidang keahlian yang dimana akan ditampung oleh manager per divisi (formal). Lalu gagasan-gagasan yang ditampung itu akan dirundingi bersama oleh antar manager dan direktur.

2.        Peran jangka pendek, suatu pengambilan keputusan dalam jangka waktu yang pendek hanya melibatkan beberapa bidang dalam sebuah perusahaan. Biasanya, kita melihat dulu permasalahan yang timbul termasuk permasalahan yang bisa diselesaikan oleh divisi pada bagian apa.

            Contoh:
Jika pada sebuah perusahaan PT. Maju Terus mengalami masalah pada pembayaran hutang yang sudah jatuh tempo, tentunya hal ini tidak mempunyai waktu banyak dalam menyelesaikan masalah, dan divisi yang terlibat pun hanya divisi keuangan.

3.        Hak Milik Karyawan, setiap karyawan pasti mempunyai hak dalam sebuah perusahaan, salah satunya adalah hak untuk ikut terlibat dalam sebuah perusahaan.

Contoh :
Jika dalam sebuah perusahaan terdapat sebuah masalah seperti “selisih antara perhitungan keuntungan dan keuntungan fisik” maka divisi yang akan terlibat adalah divisi bagian keuangan. Divisi ini mempunyai hak untuk terlibat, karna mereka mempunyai wewenang penuh atas kesalahan ini.


Semua hal yang tertulis disini adalah pendapat saya pribadi, saya mengizinkan siapapun untuk memberi masukkan jika terdapat kesalahan dalam postingan ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Struktur Organisasi PT Blue Bird

Struktur Organisasi PT Blue Bird Dalam sebuah perusahaan terdapat klasifikasi tingkatan manager, berikut adalah klasifikasi tingkatan manajer dalam PT Blue Bird : 1.       TOP MANAGER Yang termasuk dalam Top Manager dalam PT Blue Bird adalah : Direktur Utama. Tugas dari Direktur utama ini adalah : 1.       Menyusun dan menetapkan rencana perusahaan 2.       Menentukan tujuan perusahaan 3.       Mengatur manajemen yang berada dibawah posisi manajemen puncak 4.       Memanfaatkan sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan 5.       Bertanggungjawab atas semua yang dilakukan oleh manajemen dibawahnya 2.       MIDDLE MANAGER Yang termasuk dalam golongan Middle Manager dalam PT Blue Bird adalah : Direktur Operasional Komersial, DIrektur Keuangan, dan Direktur Operasional Teknis. Tug...

Sejarah, Kegiatan Usaha, dan Struktur Organisasi PT Multipolar Technology

Assalamualaikum Wr.Wb Puji syukur kehadiran Allah SWT karena telah memberikan kesehatan dan segala rahmat untuk kita semua. Mari kita sampaikan sholawat serta salam kepada junjungan nabi besar Muhammad SAW beserta sahabatnya. Terimakasih juga kepada orangtua, serta guru yang telah membimbing saya. Dan tidak lupa juga terimakasih kepada teman-teman saya yang telah membantu saya dalam pengerjaan tugas kuliah ini. Hallo Readers! Perkenalkan nama saya Widi Alfrida Pramesti, Saya Mahasiswa Universitas Gunadarma dan berada di program studi Manajemen Informatika. Kehadiran saya yang pertama kali ini dalam sebuah blog ingin menyelesaikan tugas kuliah serta menambah wawasan kita semua dengan memberikan gambaran sedikit mengenai beberapa hal tentang PT Multipolar Technology Tbk., diantaranya : 1.          Sejarah perusahaan 2.          Kegiatan usaha perusahaan 3.     ...

Teori Pengambilan Keputusan dalam Manajemen

PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM MANAJEMEN A.       PENGERTIAN KEPUTUSAN DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN K eputusan  (decision)  merupakan pilihan yang dibuat dari alternatif-alternatif yang ada.  Pengambilan keputusan  (decision making)  adalah proses dalam mengenali masalah-masalah dan peluang-peluang untuk kemudian dipecahkan. Pengambilan keputusan mengharuskan adanya usaha baik sebelum ataupun sesudah dibuatnya pilihan yang nyata. B.        TIPE-TIPE KEPUTUSAN MANAJEMEN 1.          Keputusan yang Terprogram (programmed decision) Keputusan yang terprogram  berada dalam situasi yang telah sering muncul hingga aturan-aturan dalam mengambil keputusan bisa dibuat dan diterapkan. Keputusan yang terprogram dibuat untuk menjawab persoalan-persoalan organisasi yang kerap kali terjadi. 2.          Keputusan T idak T e...