Review E-Business
Ovo Payments and Points
Batasan Masalah :
1. Termasuk Model E-Business apa ?
2. Pengaruh E-Business perusahaan
tersebut
3. Faktor-faktor keberhasilan E-Business
tersebut
4. Infrastruktur untuk E-Business
Jawaban :
1. OVO (PT Visioner Internasional)
merupakan layanan keuangan digital asal Indonesia yang mempermudah pengguna
untuk bertransaksi di merchant. OVO merupakan aplikasi yang menawarkan
pembayaran, poin loyalitas, dan layanan keuangan yang didukung oleh lengan
digital Lippo Group. OVO mendapat izin beroperasi sebagai perusahaan fintech di
seluruh Indonesia pada 25 September 2017.OVO berekspansi ke toko luring pada
awal 2019. OVO dilaporkan mengakuisisi perusahaan pinjaman peer-to-peer local
Taralite pada awal 2019.
2. Pengaruh OVO pada masyarakat adalah :
1. Membuat pengguna tertarik untuk
belanja karna diberikan kemudahan oleh OVO yang bersifat cashless
2. Dengan promo cashback berupa ovo
points yang disediakan oleh OVO, membuat pengguna semakin berminat karena
merasa terbantu dengan promo yang disediakan
3. Adanya fitur yang terintegrasi dengan
bank, membuat e-wallet ovo menjadi andalan bagi pengguna sebagai e-wallet yang
memudahkan untuk transfer uang ke bank. Dan kerap kali dijadikan metode
pembayaran untuk pembayaran listrik, pembelian pulsa, bermitra dengan aplikasi
grab, tokopedia, dan lain-lain.
4. Adanya fitur skyparking yang
bekerjasama dengan OVO pun memudahkan pengguna menyempurnakan prinsip cashless
nya.
Pengaruh OVO pada
Perusahaan sendiri :
Dari banyaknya fitur yang ditawarkan
OVO, membuat perusahaan OVO memproses 56,1 triliun rupiah di pertengahan tahun
2019 dan menggaet lebih dari 32.000 merchant dalam layanannya. Kesuksesannya
membuat perusahaan yang bergerak di bidang layanan keuangan ini bekerja sama
dengan perusahaan unicorn lain sekelas Grab dan Tokopedia.
3. Faktor keberhasilan OVO :
1. OVO membuka peluang kepada siapapun
bisa masuk platform ini. (open platform)
2. Menawarkan promo yang menarik. Ini
merupakan cara agar OVO memberi value tambahan untuk konsumen OVO. Bisa dalam
bentuk deal yang bagus atau privileges yang lain, atau cashback. Hal ini
dilakukan agar pengguna tetap pakai OVO.
3. Membuat aplikasi ovo menjadi dompet
elektronik dan multiplatform untuk transaksi lain seperti : pembayaran listrik,
pulsa, merchant, dan lain-lain.
4. Infrastruktur untuk OVO
Dalam
segi Technical e-business infrastructure OVO semakin melakukan upgrading
dengan memperbaharui fitur pada aplikasi OVO. User Interface dan User
Experience pada aplikasi tersebut dibuat semenarik mungkin untuk membuat
pengguna semakin merasa nyaman dan dipermudah dalam pemakaiannya. Salah satu
contoh : pembayaran dengan fitur QR code yang mempermudah dalam melakukan
transaksi jual-beli.
Selain
itu, untuk melakukan upgrading tersebut, ovo mengenakan biaya top up (isi ulang
saldo) sebesar 1.000 selain pengisian dari driver GrabBike. Hal ini disampaikan
oleh public relation OVO bahwa hal ini dilakukan untuk meningkatkan
infrastruktur untuk memaksimalkan kualitas kepada pengguna OVO.
Referensi
:
Komentar
Posting Komentar