Langsung ke konten utama

Review E-Wallet OVO


Review E-Business
Ovo Payments and Points





Batasan Masalah :
1.      Termasuk Model E-Business apa ?
2.      Pengaruh E-Business perusahaan tersebut
3.      Faktor-faktor keberhasilan E-Business tersebut
4.      Infrastruktur untuk E-Business

Jawaban :

1.      OVO (PT Visioner Internasional) merupakan layanan keuangan digital asal Indonesia yang mempermudah pengguna untuk bertransaksi di merchant. OVO merupakan aplikasi yang menawarkan pembayaran, poin loyalitas, dan layanan keuangan yang didukung oleh lengan digital Lippo Group. OVO mendapat izin beroperasi sebagai perusahaan fintech di seluruh Indonesia pada 25 September 2017.OVO berekspansi ke toko luring pada awal 2019. OVO dilaporkan mengakuisisi perusahaan pinjaman peer-to-peer local Taralite pada awal 2019.

2.      Pengaruh OVO pada masyarakat adalah :
1.      Membuat pengguna tertarik untuk belanja karna diberikan kemudahan oleh OVO yang bersifat cashless
2.      Dengan promo cashback berupa ovo points yang disediakan oleh OVO, membuat pengguna semakin berminat karena merasa terbantu dengan promo yang disediakan
3.      Adanya fitur yang terintegrasi dengan bank, membuat e-wallet ovo menjadi andalan bagi pengguna sebagai e-wallet yang memudahkan untuk transfer uang ke bank. Dan kerap kali dijadikan metode pembayaran untuk pembayaran listrik, pembelian pulsa, bermitra dengan aplikasi grab, tokopedia, dan lain-lain.
4.      Adanya fitur skyparking yang bekerjasama dengan OVO pun memudahkan pengguna menyempurnakan prinsip cashless nya.
Pengaruh OVO pada Perusahaan sendiri :
Dari banyaknya fitur yang ditawarkan OVO, membuat perusahaan OVO memproses 56,1 triliun rupiah di pertengahan tahun 2019 dan menggaet lebih dari 32.000 merchant dalam layanannya. Kesuksesannya membuat perusahaan yang bergerak di bidang layanan keuangan ini bekerja sama dengan perusahaan unicorn lain sekelas Grab dan Tokopedia.

3.      Faktor keberhasilan OVO :
1.      OVO membuka peluang kepada siapapun bisa masuk platform ini. (open platform)
2.      Menawarkan promo yang menarik. Ini merupakan cara agar OVO memberi value tambahan untuk konsumen OVO. Bisa dalam bentuk deal yang bagus atau privileges yang lain, atau cashback. Hal ini dilakukan agar pengguna tetap pakai OVO.
3.      Membuat aplikasi ovo menjadi dompet elektronik dan multiplatform untuk transaksi lain seperti : pembayaran listrik, pulsa, merchant, dan lain-lain.

4.      Infrastruktur untuk OVO
Dalam segi Technical e-business infrastructure OVO semakin melakukan upgrading dengan memperbaharui fitur pada aplikasi OVO. User Interface dan User Experience pada aplikasi tersebut dibuat semenarik mungkin untuk membuat pengguna semakin merasa nyaman dan dipermudah dalam pemakaiannya. Salah satu contoh : pembayaran dengan fitur QR code yang mempermudah dalam melakukan transaksi jual-beli.
Selain itu, untuk melakukan upgrading tersebut, ovo mengenakan biaya top up (isi ulang saldo) sebesar 1.000 selain pengisian dari driver GrabBike. Hal ini disampaikan oleh public relation OVO bahwa hal ini dilakukan untuk meningkatkan infrastruktur untuk memaksimalkan kualitas kepada pengguna OVO.



Referensi :

https://keuangan.kontan.co.id/news/ovo-kenakan-biaya-top-up-rp-1000-mulai-maret-ini-alasannya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Struktur Organisasi PT Blue Bird

Struktur Organisasi PT Blue Bird Dalam sebuah perusahaan terdapat klasifikasi tingkatan manager, berikut adalah klasifikasi tingkatan manajer dalam PT Blue Bird : 1.       TOP MANAGER Yang termasuk dalam Top Manager dalam PT Blue Bird adalah : Direktur Utama. Tugas dari Direktur utama ini adalah : 1.       Menyusun dan menetapkan rencana perusahaan 2.       Menentukan tujuan perusahaan 3.       Mengatur manajemen yang berada dibawah posisi manajemen puncak 4.       Memanfaatkan sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan 5.       Bertanggungjawab atas semua yang dilakukan oleh manajemen dibawahnya 2.       MIDDLE MANAGER Yang termasuk dalam golongan Middle Manager dalam PT Blue Bird adalah : Direktur Operasional Komersial, DIrektur Keuangan, dan Direktur Operasional Teknis. Tug...

Sejarah, Kegiatan Usaha, dan Struktur Organisasi PT Multipolar Technology

Assalamualaikum Wr.Wb Puji syukur kehadiran Allah SWT karena telah memberikan kesehatan dan segala rahmat untuk kita semua. Mari kita sampaikan sholawat serta salam kepada junjungan nabi besar Muhammad SAW beserta sahabatnya. Terimakasih juga kepada orangtua, serta guru yang telah membimbing saya. Dan tidak lupa juga terimakasih kepada teman-teman saya yang telah membantu saya dalam pengerjaan tugas kuliah ini. Hallo Readers! Perkenalkan nama saya Widi Alfrida Pramesti, Saya Mahasiswa Universitas Gunadarma dan berada di program studi Manajemen Informatika. Kehadiran saya yang pertama kali ini dalam sebuah blog ingin menyelesaikan tugas kuliah serta menambah wawasan kita semua dengan memberikan gambaran sedikit mengenai beberapa hal tentang PT Multipolar Technology Tbk., diantaranya : 1.          Sejarah perusahaan 2.          Kegiatan usaha perusahaan 3.     ...

Teori Pengambilan Keputusan dalam Manajemen

PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM MANAJEMEN A.       PENGERTIAN KEPUTUSAN DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN K eputusan  (decision)  merupakan pilihan yang dibuat dari alternatif-alternatif yang ada.  Pengambilan keputusan  (decision making)  adalah proses dalam mengenali masalah-masalah dan peluang-peluang untuk kemudian dipecahkan. Pengambilan keputusan mengharuskan adanya usaha baik sebelum ataupun sesudah dibuatnya pilihan yang nyata. B.        TIPE-TIPE KEPUTUSAN MANAJEMEN 1.          Keputusan yang Terprogram (programmed decision) Keputusan yang terprogram  berada dalam situasi yang telah sering muncul hingga aturan-aturan dalam mengambil keputusan bisa dibuat dan diterapkan. Keputusan yang terprogram dibuat untuk menjawab persoalan-persoalan organisasi yang kerap kali terjadi. 2.          Keputusan T idak T e...